Kelompok 10
Nama Anggota : 1. Dedy Triwan Putra (51410758)
2. Meida Listyaningrum (54410319)
3. Ridwan Farizki ( 55410917)
Kelas : 3IA13
Hai para blogger, pada kali ini kami akan melanjutkan tugas
ketiga mata kuliah pengantar teknologi game yang membahas tentang INTERACTIVE
SYSTEM. Silahkan dilihat ya... semiga bermanfaat buat kalian semua :)
1.Interactive Entertainment
Jelaskan konsep dari Interactive
Entertainment!
Interactive Entertainment mengacu pada
usaha memproduksi dan mendistribusikan produk dan layanan, yang nilai hiburan
(atau hasilnya) dapat dipengaruhi oleh pengguna melalui umpan balik langsung
(feedback). Konsep Interactive Entertainment ini yaitu bagaimana cara
seseorang memberikan informasi-informasi berupa kombinasi berupa teks, gambar
biasa, gambar bergerak (animasi), ataupun video yang telah diberi kemampuan
untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat atau yang telah
ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan informasi-informasi.
interaktif, di mana program ini
dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.
2. Interactive Programs
Hal-hal penting yang harus diperhatika
dari Interactive Programs adalah dari segi user dan programnya. Jelaskan peran
user dan program agar terbentuk komunikasi yang mudah dipahami user!
Interctive Programming merupakan sebuah
prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus
pada teks program sebagai antarmuka (Interface) utama untuk proses yang
berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam
siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya
Hal penting yang harus diperhatikandari
interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user
dalam sebuah program sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah
untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi
antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada
program tersebut.
3. Salah satu pendukung interactive system
adalah GUI/Graphical User Interface.
Apa fungsi GUI?
Fungsi GUI dalam dunia teknologi dan
informasi saat ini sangat beragam. Berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan
GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
a.Pointing device dengan berupa mouse
b.Sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan
uninstall hardware/software
c.Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user
yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text,
spreadsheet, sound, graphic, dan lain-lain
d. Digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan
ergonomis
e. Pembuatan website
f. Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala
besar lainnya
4.Jelaskan, sebutkan, dan berikan gambar komponen-komponen
GUI!
Label
label berfungsi untuk menuliskan sesuatu di frame yang
kita buat, nama default Jlabel
Text Field
Text Field marupakan salah satu cara untuk
mengisikan suatu inputan dalam program, nama default JTextfield
Text Area
Text Area biasanya digunakan untuk menampilkan hasil
output dari program, nama default JTextarea.
Combo box
Combo Box merupakan salah satu cara inputan juga. jika
combo box di pencet, maka akan keluar berbagai pilihan untuk di proses, nama
default JCombobox.
Radio button
Radio button juga salah satu cara inputan dalam program,
tetapi dalam penggunaannya berbeda dengan combo box, radio button digunakan
jika pilihan yang di sediakan sedikit, maka akan lebih efektif jika menggunakan
radio button, berbeda dengan combo box yang hjerus click 2 kali untuk memilih,
radio button cukup sekali pilihan, dan hanya boleh satu pilihan yang di pilih,
maka digunakan radio button group agar hanya satu yang bisa di pilih, nama
default JRadiobutton.
Check box
Check box juga merupakan salah satu cara inputan, mirip
dengan radio button, tetapi check box memperbolehkan user untuk memilih lebih
dari satu pilihan, jadi check box di gunakan untuk menjawab petanyaan yang
memperbolehkan lebih dari satu jawaban, nama defaultnya jCheckbox.
5. Event merupakan suatu kejadian yang terjadi karena
adanya interaksi user dengan komponen-komponen GUI. Tanpa event, peran GUI
tidak akan berjalan. Sebutkan macam-macam event untuk komponen GUI (minimal 5)!
a. Event
Model
Interaksi antara user dan komponen GUI
Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi
user
Bagian-bagian penting:
event source
event listener / Handler
b. Event
Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event
Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti
: tekan button, ketik di text field, dll.
Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event
yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut.
Direpresentasikan oleh class Event
c. Event
Source
Event Source adalah komponen yang mendapatkan suatu event
yang kemudian ditangkap oleh Event Listener. Event Source dapat dibedakan dari
penamaan komponen itu sendiri, misalnya tombolSimpan, tombolHapus, dll. Dengan
adanya penamaan event source ini, sebuah Event Listener akan dapat mendeteksi
dari mana Event Listener tersebut berasal.
d.Event Listener
Event Listener digunakan untuk menangkap event yang terjadi
pada komponen/ Event Source. Berikut beberapa listener yang biasa digunakan
dalam mendeteksi event :
• ActionListener berfungsi untuk menangani reaksi atas
perubahan status pada objek yang digunakan. Misalnya akibat penekanan tombol
mouse atau keyboard.
• AdjustmentListener berfungsi untuk menangani reaksi atas
perubahan status pada objek yang digunakan pada saat penyesuaian. Misalnya
akibat dari penggeseran scrollbar.
• FocusListener berfungsi untuk menangani reaksi atas
perubahan status akibat focus berada pada objek tertentu. Misalnya kursor
berada pada textfield.
• ItemListener berfungsi untuk menangani reaksi atas
perubahan status pada pilihan yang terdapat pada objek tertentu. Misalnya
pemilihan pada checkbox atau radio button.
• KeyListener berfungsi untuk menangani reaksi dari
keyboard. Misalnya penekanan tombol Ctrl, Alt, dll.
• MouseListener berfungsi untuk menangani reaksi dari
penekanan tombol pada mouse.
• MouseMotionListener berfungsi untuk menangani reaksi
akibat mouse digerakkan, misalnya melewati lokasi komponen tertentu.
• MouseWheelListener berfungsi untuk menangani reaksi event
scroll pada mouse.
• TextListener berfungsi untuk menangani event pada
text.
• WindowListener berfungsi untuk menangani reaksi atas
perubahan jendela akibat ukuran diperbesar, dikecilkan, dipindah maupun
ditutup.
• WindowFocusListener berfungsi untuk menangani reaksi pada
jendela.
• WindowStatelListener berfungsi untuk menangani status
event jendela.
e. Event
Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang
menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada
event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event
Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan
didefenisikan pada blok Event Handler
6. Jelaskan mengenai event dalam konsep Structure
Interactive Program!
Mengenai evet dari standard programming dengan interactive
programming memiliki perbedaan dimana pada interactive programming, dalam
menyelesaikan masalah yang perlu penambahan algoritma, program dapat terus
dijalankan tanpa harus dihentikan selama penulisan ulang dari program, berbeda
dengan standard programming.
Sumber :
Tabel Kinerja :
NPM
|
Nama
|
Kinerja
|
51410758
|
Dedy Triwan Putra
|
Mengerjakan 1 dan 2
|
54410319
|
Meida Listyaningrum
|
Mengerjakan nomer 5 dan 6
|
55410917
|
Ridwan Farizki
|
Mengerjakan nomer 3 dan 4
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar