Pada tugas pertama Pengantar Bisnis
Informatika kali ini kita disuruh membuat tulisan dengan tema kedua tentang Perkembangan
Bisnis TI. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kalian yang melihatnya ya….
Teknologi Informasi dan Komunikasi,
TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah
payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses
dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi
dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang
berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu
yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer
data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi
dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi
Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala
kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan
informasi antar media.
Pengaruh dan peranan TI terhadap
perkembangan bisnis online di Indonesia sangat besar. Contohnya dengan adanya
pembuatan website, forum, dan blog inilah sebagai media yang bersifat sebagai
jembatan antara penjual dan pembeli untuk saling memberi informasi sekaligus
bertransaksi semakin hari semakin banyak saja, hal ini menunjukkan perkembangan
situs-situs yang memiliki wadah untuk bisnis online semakin berkembang tiap
waktu. Ditambah dengan berkembangnya dalam persaingan internet service provider
yang memberikan fasilitas koneksi internet kepada penjual dan pembeli dalam
bisnis online, supaya dapat terhubung secara online setiap saat dan dimanapun
berada, sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mengakses situs-situs yang
menawarkan produk dan jasa yang ingin mereka dapatkan. Apalagi pengguna
perangkat mobile di Indonesia juga semakin berkembang, hampir tiap
tipe handphone yang dimiliki oleh masyarakat pada masa kini memiliki fasilitas
atau fitur untuk dapat koneksi ke internet, hal ini semakin memudahkan
masyarakat supaya mendapatkan informasi-informasi terkini dalam bidang bisnis
online.
Memang
yang namanya bisnis online tidak dapat terlepas dari peranan dunia TI, karena
diawali dari perkembangan teknologi informasi terutama yang namanya internet
inilah sehingga berlanjut dan berkembangnya terhadap bisnis online khususnya di
Indonesia. Bahkan beberapa pengguna bisnis online di Indonesia menggunakan
perangkat lunak untuk chatting seperti yahoo messenger untuk
bertransaksi, tentunya perbincangan bisnis di yahoo messenger tersebut berawal
dari suatu blog atau forum yang menawarkan barang dan jasa, lalu di forum atau
blog tersebut memasang banner berupa logo YM agar ketika suatu saat ada calon
konsumen yang tertarik dapat memastikan lebih jauh dan keseriusan dalam
bertransaksi kepada sang penjual selain penggunaan handphone untuk sms atau
telepon.
Tidak menutup kemungkinan juga
bagi pebisnis online yang sudah masuk dalam skala bisnis yang besar
memanfaatkan video conference sebagai sarana untuk berkomunikasi dan
mempresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada klien. Hal seperti ini
biasa terjadi untuk meminimalis kemungkinan pengeluaran biaya transportasi dan
waktu yang terbuang dalam perjalanan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar